Kontak

 

SUMPAH PEMUDA


       Sumpah Pemuda lahir pada tanggal 28 Oktober  1928. Pada tanggal 27-28 Oktober
 Diadakan Kongres Pemuda II  di Jakarta yang dihadiri oleh utusan-utusan Organisasi pemuda di Indonesia yang ada pada saat itu. Pada akhir kongres tanggal 28 Oktober 1928 dicetuskan suatu   ikrar bersama yang dikenal dengan nama sumpah pemuda yang berisi :1.     Kami putera puteri Indonesia mengaku bertumpah darah satu tanah air Indonesia
2.    Kami putera puteri Indonesia mengaku berbangsa satu Bangsa Indonesia
3.    Kami putera puteri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan Bahasa Indonesia
Pada kongres tersebut diperkenalkan lagu Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman, dan setelah Indonesia merdeka, tanggal 28 Oktober 1928 ditetapkan sebagai hari SUMPAH PEMUDA.Arti Sumpah Pemuda adalah ikrar para pemuda yang merupakan semangat untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. Pada saat itu Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang dipimpin oleh Dr. Radjiman Widyodiningrat. Tugas BPUPKI yang sudah terlaksana adalah :1.     Sidang pertama pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945. Ir. Soekarno mengusulksan agar Dasar Negara diambil dari kehidupan masyarakat, dari sejak itu dikenal  menjadi hari lahirnya pancasila.
2.    Sidang kedua pada tannggal 10 Juli – 16 Juli 1945, yang membahas RUUD yang menghasilkan pembukaan UUD 1945 (preambule).
 Ketua I : Ir. Soekarno dengan anggota 18 orang dan ditetapkan pada tanggal 11 Juli 1945Ketua II : Prof. Dr. Soepomo yang beranggotakan :          1). Mr. Wongso Negoro          2). Mr. Ahmad Subarjo          3). Mr. A. A. Maramis          4). Mr. R. P. Singgih          5). H. Agus Salim          6). Dr. SukimanTokoh pelopor pergerakan nasional1.     Raden Ajeng Kartini pelopor pergerakan nasional wanita dengan bukunya yang berjudul ‘’Habis Gelap Terbitlah Terang’’
2.    Tiga Serangkai :
-          Dr. Douwes Dekker
-          Dr. Cipto Mangunkusumo
-          Ki Hajar Dewantara
          Mereka mendirikan IP (Indische Partij)3.    Raden Dewi Sartika, sebagai penerus cita-cita Kartini
4.    Pahlawan Revolusi : pahlawa yang gugur dalam G30S/PKI
1). Jend. Anm. Ahmad Yani2). Letj. Anm. Siswondo Parman3). Letj. Anm. M. T. Haryono4). Letj. Anm. Suprapto5). Mayjen. Anm. Donald Ifak Panjaitan6). Mayjen. Anm. Sutoyo Siswomiharjo7). Kapten Anm. Piere Tendean8). Bigjen. Anm. Katamso9). Kolonel Anm. Sugiono Mangunwiyoto, ditemukan di Desa Kantungan, Yogyakarta.

Mangunjaya, Ciamis, West Java, Indonesia

Mangunjaya, Ciamis, West Java, Indonesia

view large map

Total comment

Author

Ismawan

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply