Kontak

 

ARTI KIASAN LAMBANG PRAMUKA



 
1.       Buah nyiur Dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal. Dan istilah cikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama yang merupakan generasi baru jadi lambang buah nyiur yang tumbuh bangsa Indonesia mengkiaskan bahwa setiap pramuka inti bagi kelangsungan hidup bangsa  Indonesia.
2.       Buah nyiur Mampu bertahan lama dalam keadaan bagaimanapun pula jadi lambang itu mengkiaskan bahwa setiap pramuka adalah seorang yang jasmaniah dan rohaniah,sehat,kuat dan ulet serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi kepada tanah air dan bangsa Indonesia.
3.        Buah nyiur dapat tumbuh dimana saja yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekelilingannya, jadi lambang itu mengkiaskan bahwa setiap pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat dimana ia berada dan dalam keadaan yang bagaimanapun juga.
4.       Buah nyiur menjulang tinggi tumbuhnya lurus keatas bahwa setiap pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus,yakni mulia,jujur dan dia tegak tidak mudah diombang ambing oleh suatu apapun.
5.       Akar buah nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah air, jadi lambang itu mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap pramuka yang berpegang pada dasar landasan yang baik dan benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.
6.       Buah nyiur adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga ujung akarnya, jadi lambang itu mengkiaskan bahwa setiap pramuka adalah manusia yang berguna dan membaktikan diri dan kegunaanya kepada tanah air,bangsa dan kesatuan RI serta seluruh dunia.

Tunas kelapa disahkan pada tanggal 31 januari 1971 oleh SK KWARNAS No 06/KN/72 atas dorongan bapak Sunaryo Atmodipuro.
Nama lain dari pramuka adalah SILHOUTTE. Silhouette berasal dari bahasa latin.

Total comment

Author

Ismawan

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply