Kontak

 

PERANGKAT AMBALAN

TANDA JABATAN DEWAN AMBALAN
1.       Nama ambalan

Merupakan identitas pokok dari ambalan menggunakan nama untuk  pahlawan,tokoh masyarakat atau tokoh yang mempunyai sejarah tertentu di lingkungan dan warga setempat dimana ambalan tersebut.

2.       Dewan ambalan

Dewan  ambalan adalah suatu badan yang dipimpin oleh pradana dan pengurus lainnya untuk mengurus dan menggarahkan gerak gerik anggota pramuka ditidakajegan atau penjimpangan. dewan ambalan penegak (DAP) yang bertugas mengantongi dan melaksanakan program yang telah terancang dalam ambalan.

3.       Lambang ambalan

Lambang ambalan yaitu suatu symbol kiasan yang mengandung makna kehidupan dan keaadan ambalan yang mampu menggambarkan ciri  khas tujuan serta arah gerakan pembinaan ambalan tersebut.

4.       Adat istiadat ambalan

Yaitu kebiasaan positif yang selalu mengalir terus menerus dan dijalankan oleh warga ambalan yang apabila tidak bisa melaksanakannya seakan-akan telah melanggar peraturan yang besar agar dapat menjunjung meningkatkan prilaku warga ambalan,

5.       Amsal ambalan

Yaitu suatu symbol perjuangan akan pendidikan,pembinaan atau kegiatan sehari ahri dari warga ambalan yang dituangkan dalam kata-kata mutiara atau butir-butir hikmah yang mengandung arti.

6.       Pusaka ambalan

Yaitu suatu perkakas yang merupakan warisan yang harusdiwariskan secara turun menurun kepada  warga ambalan yang bersangkutan diman warga ambalan meras berkewajiban memelihara makna tersendiri.

7.       Sandi ambalan

Merupakan norma hidup dari perantara penegak dalam suatu ambalan memiliki daya pemikat persaudaraan baik dalam angggota ambalan antara anggota penegak lainnya. Sandi ambalan berbentuk prosa atau puisi yang merupakaan apresiasi pramuka penegak yang berada di ambalan tersebut yang mempunyaimakna cita-cita perilaku serta arah tujuan dan kegiatan warga ambalan.

8.       Panji ambalan

Yaitu suatu bendera yang menghimpun seluruh perangkat ambalan sehingga apabila dikibarkan terbayanglah aspek ambalan.

9.       Lagu atau mars ambalan

Yaitu suatu nyanyian yang dapat membawa semangat untuk menjalankan kehormatan-kehormatan ambalan yang mengandung dua arti tertentu.

10.   Corak atau nafas gerakan ambalan

Menggambarkan sasaran pokok dari seluruh kegiatan ambalan.

Mangunjaya, Ciamis, West Java, Indonesia

Mangunjaya, Ciamis, West Java, Indonesia

view large map

Total comment

Author

Ismawan

2   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply